Gejala Penyakit Jantung yang Perlu Anda Waspadai, Hati-hati Nomor 4

Penyakit jantung merupakan penyakit berbahaya yang menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia menurut WHO. Penyakit ini bisa menjangkiti seseorang dari berbagai usia dan berbagai profesi baik guru, pegawai, hingga atlet sekalipun. Penyakit ini menjadi penyakit yang harus diwaspadai karena penyakit ini menyerang secara tiba – tiba dan bila terlambat ditangani, maka akan menyebabkan kematian.

Ada beberapa gejala penyakit jantung yang perlu diperhatikan oleh anda semua, sehingga anda bisa menjadi lebih waspada dan bisa mendapatkan penanganan secara dini. Beberapa gejala penyakit jantung yang sering terjadi pada penderita jantung diantaranya adalah:

gejala penyakit jantung
  1. Sesak napas
    Jika napas anda terasa sesak ketika saat melakukan aktivitas fisik, maka anda perlu waspada, karena bisa jadi itu adalha gejala jantung. Sesak napas ini biasanya disebabkan karena kapasitas pompa jantung yang berkurang sehingga darah dari paru – paru menumpuk di bilik kiri jantung. Jika sudah parah, sesak napas bahkan dapat terjadi ketika anda beristirahat dan saat berbaring mendatar.
  2. Nyeri dada
    Jika anda merasa nyeri pada dada anda, lebih baik periksakan ke dokter sesegera mungkin. Karena nyeri dada juga menjadi salah satu gejala penyakit jantung. Nyeri dada ini bisa disebabkan karena arteri megalami penyumbatan yang membuat darah tidak dapat mengalir ke seluruh tubuh.
  3. Sakit kepala
    Jika saat terkena matahari anda tiba – tiba mengalami sakit kepala, itu juga bisa menjadi indikasi penyakit jantung. Sakit kepala ini bisa disebabkan karena terjadi penyimpangan pada sirkulasi darah.
  4. Rasa cemas
    Bagi yang pernah mengalami serangan jantung, biasanya akan sering mengalami trauma sehingga mengakibatkan rasa cemas, takut, dan tegang yang justru bisa memicu kembali serangan jantung. Maka dari itu, bagi yang pernah mengalami serangan jantung disarankan untuk bersikap lebih tenang agar tidak menimbulkan rasa cemas yang berlebihan.
  5. Mudah lelah
    Jika anda merasa mudah lelah ketika melakukan aktivitas yang sederhana, maka anda harus waspada, karena itu juga salah satu indikasi penyakit jantung. Lebih baik periksakan kondisi anda segera.
  6. Pembengkakan
    Salah satu gejala pada penderita penyakit jantung adalah pembengkakan pada bagian tubuh tertentu. Pembengkakan ini bisa disebabkan karena cairan menumpuk pada satu bagian tubuh tertentu.
Itu tadi beberapa gejala penyakit jantung yang bisa menjadi acuan bagi anda. Segera konsultasikan pada dokter yang anda percaya jika seandainya gejala di atas terjadi pada anda.