Ketahuilah Dengan Pasti Gejala Gagal Jantung, Nomor 7 Waspada

Gejala gagal jantung merupkan kondisi dimana otot-otot jantung tidak berfungsi mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Gejala gagal jantung bisa muncul kapan saja dan tiba-tiba hilang dengan sendiri. Namun jika kita membiarkannya tanpa kita menyadari bahaya yang ditimbulkan, maka akan terjadi dampak buruk yang berujung kematian seseorang. Tingkat gagal jantung sendiri diukur dari lemah atau tidaknya diri anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Jika anda selalu memeriksakan diri ke dokter spesialis jantung, maka pencegahan lebih dini ini bisa mengatasi gejala gagal jantung dan pastinya anda selalu menjaga kondisi kesehatan atau mengubah gaya hidup anda menjadi lebih baik lagi. Berikut akan dijelaskan secara rinci mengenai gejala gagal jantung, simak dan perhatikan baik-baik:

gejala gagal jantung
  1. Cepat merasa lelah, dengan aktivitas sehari-hari badan kita pastinya akan merasa lelah dan butuh istirahat yang cukup. Namun tingkat kelelahan bisa diketahui jika seseorang merasakan lelah yang sangat berat karena beraktivitas, dan terlebih jika tidak melakukan aktivitas  tetapi badan terasa lelah perlu diwaspadai adanya gejala gagal jantung.
  2. Kesulitan bernafas atau sesak nafas, seseorang yang mempunyai gejala gagal jantung pastinya akan kesulitan nafas atau sesak nafas karena adanya penumpukan cairan di paru-paru atau disebut epusif pleura dan kurangnya oksigen yang mengalir di jantung maupun otak.
  3. Rasa nyeri di dada, karena otot-otot pada jantung kurang mendapat suplai oksigen.
  4. Kurangnya nafsu makan karena perut terasa penuh terus, padahal terdapat cairan di liver (hati) dan saluran pencernaan yang terganggu sehingga porsi makan anda akan berkurang.
  5. Detak jantung terasa lebih cepat dari biasanya (detak jantung tidak normal).
  6. Bengkak di beberapa bagian tubuh karena adanya penumpukan cairan seperti di kaki dan perut.
  7. Badan mudah merasa lemas karena fungsi jantung mengalami penurunan.
  8. Sering buang air kecil dimalam hari.
  9. Batuk yang menetap karena adanya penumpukan cairan di paru-paru.
  10. Kepala terasa sangat pusing dan tiba-tiba bisa mengalami pingsan.
Demikian penjelasan secara rinci mengenai gejala gagal jantung yang dialami oleh penderita, semoga anda bisa mencegah lebih awal gejala gagal jantung tersebut. Hiduplah sehat dengan berhenti merokok, kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh, olahraga secara rutin, istirahat yang cukup, dan selalu memperiksakan kondisi kesehatan terutama jantung anda ke dokter.