Kelainan Jantung Bawaan Pada Bayi Dan Anak

Kelainan jantung bawaan merupakan penyakit jantung bawaan sejak bayi lahir atau di dalam kandungan. Alangkah baiknya jika bisa mendeteksi lebih dini adanya gejala kelainan jantung atau tidak. Dengan mendeteksi lebih dini penyakit jantung bawaan akan bisa dicegah atau teratasi dan tidak akan terjadi kelainan pada jantung si bayi dan anak-anak. Adanya penyakit jantung bawaan menyebabkan kelahiran pada bayi sering mengalami kematian akibat adanya kelainan pada jantung pada saat di dalam kandungan ibu.

Kelainan jantung bawaan mungkin bisa disebabkan karena adanya kebocoran, gangguan fungsi-fungsi jantung, kelainan genetik, campak yang menular, down sindroma, sekat bilik jantung yang berlubang, penyempitan katup paru, sekat serambi jantung berlubang. Rata-rata bayi yang lahir tidak akan melewati tahun pertama proses kehidupan. Memang penyakit kelainan pada jantung bawaan tidak bisa dilihat secara mata karena terjadi pada saat di dalam kandungan.

penyakit jantung bawaan

Cara Pencegahan Kelainan Jantung Bawaan

Penyakit kelainan jantung bawaan yang terjadi pada anak-anak dan bayi memang sangat berbahaya apabila tidak segera ditangani dan bisa menyebabkan kematian. Namun anda tidak perlu takut dan bingung lagi bagaimana supaya tidak terkena penyakit kelainan jantung bawaan, karena berikut ini akan dibahas mengenai cara pencegahan kelainan jantung bawaan. Simak baik-baik dan perhatikan dengan seksama:
  1. Cara pencegahan yang pertama yakni bahwa anda harus melakukan pemeriksaan secara rutin dan teratur.
  2. Melakukan pemeriksaan pada masa kehamilan apakah ada penyakit yang menyebabkan kelainan jantung bawaan pada bayi di dalam kandungan.
  3. Menghindari asap rokok dari perokok aktif atau perokok berat maupun perokok pasif
  4. Menghindari adanya pancaran sinar ultra x pada saat si ibu melakukan pemeriksaan rontgen.
  5. Hindari mengkonsumsi obat-obatan yang berdosis tinggi atau memiliki efek samping secara langsung seperti antibiotik.
  6. Makan-makanan yang bergizi yakni empat sehat lima sempurna dan beri asupan nutrisi yang cukup serta sehat demi pertumbuhan si bayi dan si ibu.
Demikian penjelasan cara pencegahan kelainan jantung bawaan, semoga si ibu dan bayi akan selalu sehat dan tidak akan terkena penyakit kelainan jantung bawaan.