Penting!!! Beragam Penyakit Jantung yang Harus Anda Ketahui

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan yang menyerang jantung dan juga sistem pembuluyh darah manusia. Penyakit jantung ini bisa membunuh siapa saja tanpa memandang usia dan profesi dan paling banyak menjadi penyebab kematian manusia di seluruh dunia menurut data dari who. Ada banyak jenis macam-macam penyakit jantung yang sering menyerang manusia. Dan berikut beberapa jenis macam-macam penyakit jantung yang perlu anda ketahui.

macam-macam penyakit jantung
  1. Penyakit aorta
    Penyakit ini merupakan kelainan pada pembuluh arteri besar (aorta) yang dapat menyebabkan aorta menjadi lebih lebar atau sobek sehingga resiko yang bahaya pada jantung lebih meningkat, seperti tekanan darah tinggi, sindrom marfan, atau penebalan pada pembuluh arteri.
  2. Inflamasi jantung
    Penyakit ini bisa disebabkan karena adanya racun atau infeksi yang sering menyerang selaput pada jantung, dinding jantung, dan juga bagian dalam jantung.
  3. Kelainan jantung bawaan
    Penyakit ini terjadi ketika masih berada di dalam kandungan, yang merupakan kelainan pada struktur jantung atau pembuluh lainnya. Penyakit ini kemungkinan bisa disebabkan karena faktor keturunan, atau mungkin juga bisa disebabkan karena alkohol, infeksi dari virus, atau pengaruh obat – obatan terhadap janin.
  4. Heart valve disease ( penyakit pada katup jantung)
    Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit pada jantung dimana katup jantung tidak dapat bekerja dengan baik. Ada tiga jenis penyakit pada katup jantung, yaitu katup tanpa lubang, penyempitan, dan kebocoran. Kelainan ini bisa disebabkan oleh usia, infeksi, dan lain sebagainya. Penyakit ini tidak memiliki gejala apapun dan hanya bisa diatasi dengan operasi.
  5. Perikarditis
    Penyakit ini merupakan peradangan pada katup jantung yang dapat menyebabkan penebalan dan penimbunan cairan. Gejala dari penyakit ini adalah batuk, sesak nafas, kelelahan, dan juga tekanan darah tinggi.
  6. Aritmia
    Jenis penyakit jantung ini dapat menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat, lebih lambat, atau bahkan tidak beraturan. Penyakit ini disebabkan adanya penyumabatan pada pembuluh darah pada jantung dan juga kurangnya asupan kalsium.
  7. Jantung rematik
    Penyakit jantung ini disebabkan oleh demam rematik yang dapat mengakibatkan rusaknya katup jantung.
  8. Gagal jantung
    Gagal jantung merupakan kondisi pada jantung dimana jantung tidak dapat mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Gejala penyakit ini adalah kelelahan, nafas pendek, dada terasa mengganjal (angina), dan bagian tubuh tertentu mengalami pembengkakan.
  9. Jantung koroner
    Penyakit jantung ini merupakan penyakit yang mematikan yang disebabkan karena adanya sumbatan pada pembuluh darah oleh lemak atau kolestrol pada dinding nadi.
  10. Kardiomiotopi
    Penyakit ini merupakan bentuk kelainan pada otot jantung yang dapat mengakibatkan detak jantung menjadi tidak normal dan bisa mengalami gagal jantung. Penderita penyakit ini akan mengalami pembesaran, penebalan yang tidak normal, serta kekakuan pada jantungnya.
Itu tadi beberapa hal tentang macam-macam penyakit jantung yang sering menyerang manusia dan perlu anda waspadai. Semoga bermanfaat.