Awas Gejala Serangan Jantung Mendadak, Ini Cirinya

Apakah anda sudah tahu bagaimana gejala serangan jantung yang sangat mendadak? Jika anda belum tahu, simak baik-baik dan perhatikan penjelasan gejala serangan jantung yang mendadak terjadi pada diri kita. Gejala serangan jantung disebabkan karena adanya penyumbatan aliran darah dan oksigen di dalam urat nadi koroner serta terjadinya kerusakan pada otot-otot jantung. Berikut gejala-gejala yang ditimbulkan pada serangan jantung yang mendadak:

gejala serangan jantung
  1. Gejala awal yang patut anda ketahui yakni terjadinya pembengkakan pada bagian tubuh tertentu karena adanya penumpukan cairan, penumpukan cairan tersebut biasanya terjadi pada bagian perut dan kaki. Gejala tersebut merupakan pemicu serangan jantung.
  2. Nyeri pada dada yang sangat sakit merupakan serangan jantung awal yang membuat ketidaknyamanan pada dada. Nyeri tersebut akan bisa menyebar ke bagian leher, bahu, dan lengan. Nyeri tersebut jangan dibiarkan terlalu lama karena bisa membuat adanya gagal jantung.
  3. Sesak nafas yang berlebihan membuat dada menjadi sangat sakit karena kekurangan darah dan terjadinya penumpukan cairan di paru-paru atau mengalami penyumbatan.
  4. Detak jantung yang tidak teratur karena kurangnya suplai darah dan oksigen membuat gejala serangan jantung bisa terjadi.
  5. Rasa mual dan muntah secara terus menerus dalam tubuh yang menjadi gejala serangan jantung awal
  6. Berkeringat deras dan dingin pada malam hari dan saat tidak melakukan aktivitas apapun menjadi pemicu adanya serangan jantung awal.
  7. Wajah terlihat lebih pucat, rasa lelah yang berlebihan, kecemasan dan kegelisahan yang tidak wajar.
Namun gejala serangan jantung tidak akan terjadi pada diri kita, jika pola kesehatan dan gaya hidup kita selalu baik, sehat, dan benar. Gejala serangan jantung tidak hanya bisa diatasi oleh dokter atau rumah sakit melainkan pola makan, minum, dan kesehatan kita bisa kita jaga dengan cara makan-makanan yang bergizi yang tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, berhenti merokok, makan dan minum tidak mengandung alkohol atau soda yang tinggi, hindarilah stress, berolahraga secara teratur, jaga berat badan anda supaya tidak berlebihan atau obesitas, konsumsi makanan yang mengandung omega 3 omega 6 dan antioksidan seperti ikan laut segar, daging sapi yang tidak berlemak, teh hijau, buah apel merah dan hijau serta kacang-kacangan, dan hindarilah makanan yang menggunakan bahan dasar gandum.

Semoga penjelasan gejala serangan jantung yang sudah dijelaskan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya penderita sakit jantung agar cepat sembuh dan sehat kembali serta berupaya menghindari serangan jantung.